Rabu, 16 April 2014

CARA MEMELIHARA MUSANG RASE

Banyak teman teman yang merasa kesulitan ketika dia mengadopsi rase, dan rase juga terkadang susah untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dikarenakan dia rentan mengalami kematian. Rase sebenarnya bisa kita pelihara sebagai pet yang baik dirumah, apabila kita bersabar dan telaten dalam merawatnya. Rase bisa sangat menyenangkan sebagai pet, dia mempunyai karakter yang pintar dan sangat suka berinteraksi dengan ownernya dan lingkungan tempat dia tinggal, berikut ini salah satu cara memelihara dan merawat rase dari baby sampai usia dewasa. Sebagian besar pengalaman pribadi, selebihnya info-info yang saya dpat dari teman-teman MLI yang lain.  Silakan dibaca, dipahami, dipraktikkan...

Handling

Ketika sampai di rumah baru, reaksi rase berbeda-beda tiap individu. Jika umurnya masih di bawah 2 bulan pasti bisa langsung dihandle karena masih jinak baby.

Rase diatas 2 bulan sudah bisa defense, apalagi ditambah stress selama perjalanan. Ada yang cenderung takut, lebih memilih kabur dan sembunyi. Rase penakut bisa langsung dipegang dan digendong, tapi harus dipegang dengan benar agar tidak kabur. Sangat tidak dianjurkan memegang ekor. Dengan rase penakut, kita hanya tinggal perbanyak interaksi. Pengalaman saya, jika si rase panic saat digendong, masukkan ke dalam baju. Dia akan lebih tenang di tempat gelap, sekalian adaptasi dengan bau kita.

Ada juga yang menyerang. Untuk tipe ini bisa dilakukan pendekatan dengan menaruh tangan kita di depan kandangnya, terus sampai tidak hissing lagi. Sesekali handfeed dari luar kandang, jika sudah berani bisa handfeed dari dalam kandang dan pelan-pelan coba pegang badannya.

Kalau rase tidak tenang di dalam kandang, ingin keluar,biarkan dia keluar. Tapi harus di dalam ruangan tertutup supaya tidak kabur terlalu jauh. Biasanya rase akan mengeksplor wilayah sekitarnya, mengendus barang-barang, dan menandai tempat dengan menggesekkan bokong ke tembok, pintu, dll. Saat itu rase mengeluarkan cairan berbau khas bandot dari kelenjar dekat anusnya. Selama rase menjelajahi ruangan, jangan buat gerakan tiba-tiba dan jangan panic kalau dia mengendus badan kita. Bisa pancing dengan makanan agar dia mendekat. Ketika mau memasukkan lagi ke kandang, ambil pelan-pelan dan usahakan tidak menarik ekornya. Menjinakkan rase butuh kesabaran.

Dalam handling rase baru, jangan lupa ajak dia main. Rase senang mengejar tali dan kain yang digerak-gerakkan. Ketika rase sudah lebih percaya pada kita, dia akan mulai mengejar kaki saat berjalan. Cara bermain rase terbilang lebih kasar dibandingkan musang lain,  nikmati saja setiap goresan taringnya di tangan kita. Haha :D

Makanan

0-1 : full susu. Susunya bubuk vanilla, disepet pakai dot kecil untuk hewan, atau suntikan yg jarumnya diganti pentil ban sepeda dan dilubangi. Pemberian susu yang baik setiap 4 jam sekali secukupnya. Pada umur 0-2 minggu belum ada pup dan pee sama sekali, umur 2 mingguan baru mulai pee.

1,5-2: makanan halus (ati ayam, telur, cat food, dog food, dihaluskan) campurkan sedikit ke susunya, secara bertahap ditambah takarannya. Umur 2 bulan mulai bisa makan sendiri.

2,5-3: Perkenalan makanan bertekstur, untuk melatih rahang dan gigi (ceker, kepala ayam, telur, ati. Dipotong kecil-kecil supaya mudah dikunyah. Bisa dicampur nasi). Untuk snack atau cemilannya buah (pisang, papaya, kurma, dll) dan serangga (jangkrik, cacing, capung, ulat hongkong, dll).

Kebanyakan orang mengadopsi rase yang berusia 2-3 bulan karena termasuk mudah untuk menjinakkannya dan tidak terlalu repot perawatannya. Namun sayang banyak seller yang sembarangan memberi makan rase hanya dengan buah-buahan, sehingga si rase tidak suka makanan yang mengandung unsure hewani. Padahal ini adalah masa pertumbuhan, rase butuh gizi yang banyak. Jika diteruskan memberi makan rase hanya dengan buah, pertumbuhannya akan terhambat bahkan bisa mati.

Salah satu cara membuat rase mau makan daging yang saya dapat dari Om Ray Animale adalah dengan metode puasa. Jangan kasih makan sama sekali selama seharian, cukup sediakan minum. Setelah sehari, baru kasih makan sesuai yang seharusnya. Teorinya adalah karena lapar, si rase akan makan apa saja yang disediakan.

4-dewasa: Semua bagian ayam-termasuk telurnya, cat food/dog food basah/kering, ikan. Bisa campur nasi. Sesekali boleh diberi makanan hidup (tikus putih, burung, anak ayam, bebek, dll).

Memberi makanan hidup tidak akan membuat mereka jadi galak. jinak/galaknya hewan tergantung perlakuan kita terhadap mereka, apalagi jika sudah dipelihara dari kecil. Jadi, jangan takut untuk mencobanya. Sekalian melatih rase nangkap tikus di rumah. Juga kalau suatu hari ingin merilisnya ke alam liar, si rase bisa bertahan hidup :)

Selalu sediakan air bersih untuk minum.

Perilaku

Musang rase aktif pada pagi dan malam hari. Mereka hewan yang energik dan lincah, karenanya disarankan lebih diperbanyak waktu free room agar si rase bisa bermain dan berlarian dengan bebas dan mengurangi stress di dalam kandang. Setelah lelah bermain biasanya rase mencari tempat tidur yang gelap dan tersembunyi, kita sebagai owner harus teliti mencarinya. Hati-hati juga saat free room di malam hari, mereka sering ingin ngelayap ke luar rumah. Jangan sampai lepas dari pengawasan. Dan sebaiknya dipakaikan kalung sebagai pengenal agar jika sudah terlanjur keluar, orang akan tahu bahwa itu rase piaraan. Menurut pengalaman saya, rase akan kembali ke rumah sekitar jam subuh.

Sedangkan di siang hari, rase pemalu dan senang menyusup ke tempat-tempat sempit dan gelap karena mereka merasa nyaman di sana. Hal ini menjadi semacam kekurangan dibandingkan musang-musang lainnya, karena rase tidak nyaman dan takut berada di keramaian sehingga agak sulit diajak gathering. Bisa dilatih untuk terbiasa, asal dilakukan sejak kecil dan secara rutin, kalau perlu setiap hari. Ajak dia jalan-jalan ke luar rumah. Dalam hal buang air, rase seperti kucing, akan kembali ke tempat yang sama. Jadi ketika sedang free room, sediakan wadah untuk pup dan pee nya.

Secara alaminya rase bisa berenang, namun tetap harus diajari untuk suka air. Mandikan rase secukupnya. Rase senang berjemur di bawah matahari pagi, mungkin untuk menghangatkan tubuh. Rase suka berjemur dengan sendirinya selama kurang lebih 10 menit.

Kalau rase mendadak lemas dan tidak mau makan, segera lakukan pertolongan pertama di rumah. Yang umum adalah memberikan madu atau norit yang digerus dan diseduh dengan air kelapa. Jika dalam 1 hari 1 malam belum ada perubahan, bawalah ke dokter hewan.

Selama ini perawatan rase-rase saya si Milo dan Chikal cukup sederhana, tidak berbeda jauh dengan memelihara kucing kampung. Yang penting si rase senang mendapat gizi yang cukuk.
PENULIS : Chairunnisa Rachmanindya / Nia
Di ACC. : Boimlistyocrusties
Doc: MLI (musang lovers indonesia)



49 komentar:

  1. 5368EA48 ini pin bbm aku bang, klau boleh berbagi ilmu pemeliharaan musang rase bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana bang..saya punya anakan rase.gak tau umur berapa...kok di kasik makan masih gak mau makan...apa lagi di sepet .kayaknya gak mau.gimana bang solusinya

      Hapus
  2. saya kesulitan bang memeliharanya, karna qu bru pertama dan masih baby....

    BalasHapus
  3. Bang gmna ya cara musang rase supaya ngga gigit kuping ??

    BalasHapus
  4. Rase ku suka gigit jari sama kuping. Gmana ngatasinya??

    BalasHapus
  5. Rase ku suka gigit jari sama kuping. Gmana ngatasinya??

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Rase saya 2hari ini gamau makan susah diajak komunikasi nya 😢 takut dya sakit , gimana cara handle nya yaa ?? Mohon bantuan nya .. 7ed94e71 terimakasih

    BalasHapus
  8. Rase saya 2hari ini gamau makan susah diajak komunikasi nya 😢 takut dya sakit , gimana cara handle nya yaa ?? Mohon bantuan nya .. 7ed94e71 terimakasih

    BalasHapus
  9. Raseku masih kecil , biar gendut makananya apa , kecuali yg ayam ayam , takut galak kayak muspan temenku

    BalasHapus
  10. rase ku suka gigit2 jari.. knp yaa? apa dy mw tumbuh gigi atau knoa yaaa

    BalasHapus
  11. Sya pusing ngurisin rase saya,, sudah dewasa tapi galaknya,, solusi jinakan yang ampuh gimana ya.. mohon penjelasannya. Trimakasih

    BalasHapus
  12. Aku punya rase masih kecil cara ngrawat nya gimna.. .kalo di kasih susu sgm gimna solusi nya.. .
    Soalnya baru pertama ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. digelonggong aja supaya kenal rasa duku dikit2 kasi susunya. pakai botol yg untuk kecap yg Ujungnya panjang. trus susunya bisa dikasi pisang seger sama bubur bayi sama bubur ati. makannya paling dikit kok rajin gendong ya biar jinak kekepin aja di dalem baju.

      Hapus
  13. Baru pelihara rase.seneng juga..ada yg buat ngisi waktu luangku

    BalasHapus
  14. Halo. Mau tanya gmn biar rase nggak selalu teriak2?.. Rase saya kurang tau umurnya,tp sudah tumbuh gigi dan belajar makan sendiri. baik di dlm kandang atau saat di free room selalu teriak2

    BalasHapus
  15. Rase saya gk mau di hand feed bagai mna mengatasinya ?

    BalasHapus
  16. Ass om saya mau nanya rase saya tidak mau makan..
    Tapi setiap di kasih susu sangat sekali mau.
    Apa karna memberi dia pisang setiap hari dia jadi bosan??
    Jika di kasih daging ayam apa boleh??

    BalasHapus
  17. Ass om saya mau nanya rase saya tidak mau makan..
    Tapi setiap di kasih susu sangat sekali mau.
    Apa karna memberi dia pisang setiap hari dia jadi bosan??
    Jika di kasih daging ayam apa boleh??

    BalasHapus
  18. Umur brp ideal Musang Rase untuk di mandikan?

    BalasHapus
  19. yang tau tempat jual beli musang daerah palangkara tolong info nya balas di post ane gan .

    BalasHapus
  20. Aku punya musang rase umur 3 bulan makan ny susah bgt saya udah cba ksih ati ayam tp gamau juga, trs dia cuma minum susu doang tiap hari, udh gtu sering gigit skrg, cara jinakin ny gmna? Trs biar mau makan di ksih apa?

    BalasHapus
  21. Sabar,,,sya dpt mlah liar sdah bsar,,ska ksih pepaya sma bubur bayi,,sring ajk bicara,,ksih dlm kndang baju yg bkas kringet kita,,alhamdulillah sya 3minggu udh jinak

    BalasHapus
  22. Gan ini rase saya cmn mau makan bubur bayi,umurnya udah 3 bulan,cara ngajarin makan daging gmn ya?,kalo di puasain juga gamau,tolong saran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk awal saya kasih promina rasa daging dan brokoli, biar dia tau rasa dulu. Kemudian kalau dia sudah terbiasa coba untuk dihaluskan dagingnya, ntar kalau udah lama2 baru di potong2 seperti biasa. Rase saya jg umur nya 3 bln lebih. Semoga berhasil. #bantujawab

      Hapus
    2. Tinggalin ati ayam di dalem kandang kalo gamau makan biarin aja seharian puasain karna pas dia lapar rase bakal makan apa aja yang di sediain

      Hapus
  23. Aku baru pertama kali memelihara musang rase, dan dengan ilmu yg di berikan semoga saya bisa memeliharanya, dan sekarang baru 2 hari sudah jinak tpi masih takut keramaian

    BalasHapus
  24. Sya msih awam melihara musang rase,sudah 3 bulan. Terima kasih srannya semoga bisa lancar.D16F8955

    BalasHapus
  25. min itu kalo lgi umur 1,5 bulan makannya maksudnya dihaluskan itu sambil di campur sama susu atau engga?

    BalasHapus
  26. Makasih kak...ini saya punya rase gigi baru tumbuh satu.ml...aku dot sgm ananda...ama ati rebus penyet...salam wangi dari JEMARI(Jejak MusAng Rembang Indonesia)

    BalasHapus
  27. Makasih kak...ini saya punya rase gigi baru tumbuh satu.ml...aku dot sgm ananda...ama ati rebus penyet...salam wangi dari JEMARI(Jejak MusAng Rembang Indonesia)

    BalasHapus
  28. saya mau nanya..knpa ank rase saya suka brisik klo malem ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyari induknya.. kalo rase saya bunyi gitu biasanya mau main n minta makan.

      Hapus
  29. Gan mau tanya musang rase saya kenapa gamau makan sama sali ya? Umur 1-2 bln. Dikasih susu di suapin pake dot gitu gamau, dikasih ayam mentah lele mentah tetep gamau. Tolong kasih tau saya gan saya takut dia mati, buah pisang pun gamau pokoknya gamau makan apa2 udh 2 hari gan tolongin saya.
    081381529170 on WhatsApp

    BalasHapus
  30. Punten kang mau tanya.. Tadi saya liat di blog sebelah katanya musang rase ga bagus di kasih pisang, apa benar?

    BalasHapus
  31. Maaf kak mau nanya, baru beberapa minggu saya dapet musang rase masih kecil tapi gatau umur nya berapa, kata pemilik sebelumnya cukup di kasih susu tanpa air, tapi dia udah bisa pup, tapi kemaren saya kasih serelak campur susu dia gamau makan. Gimana ya cara ganti dari susubiar dia bisa mau makan. Terus juga rambut nya rontok, saya kira gara gara ga di mandiin, tapi masih rontok pas di mandiin. Mata nya juga katarak sebelah, tolong di jawab ya kak. Makasih...

    BalasHapus
  32. wahh komplit sekali gan, mantappp
    bisa buat refrensi ane ini
    salam dari MUSTIKA (Musang Batik Pekalongan)

    BalasHapus
  33. Saya punya musang bulan. Tapi kok jinaknya pas luar kandang itupun masih gigit...
    Mohon bimbingannya

    BalasHapus
  34. Gan, tolong bimbingannya. Saya dapet musang rase sekitar umur 1bulanan. Kalo setiap malem bunyi terus itu kenapa yah gan??

    BalasHapus
  35. Raseku baru proses kasih hati ayam di potong kecil"..tapi ngak mau..klo di puasain kasian .

    BalasHapus
  36. Dimana kumpunya musang lovers palangka raya?

    BalasHapus
  37. Itu telur mentanta bang? Terus di campurkan di susu apa bang?

    BalasHapus
  38. Saya baru dapat musang rase dari alam bagaimana cara perwatanya agar tidak setres

    BalasHapus